Apa yang sebenarnya ditakutkan dari memulai atau putusnya sebuah hubungan ? Apakah perasaan tertolak saat cinta bertepuk sebelah tangan ? Atau hancurnya sebuah pengharapan dari masa depan yang dirajut bersama ? Atau perasaan tak berharga saat tercampakkan saat hubungan itu tidak bisa dilanjutkan ? Atau mungkin kita terlalu mencintai orang itu sedangkan kita tidak tahu apakah dia mencintai kita begitu juga sebaliknya.

Dalam istilah psikologi ada istilah anxiety yang membuat seseorang tidak merasa aman dari sebuah keadaan atau hubungan. OKlah aku mendengar teman2ku sudah pada berteriak untuk stop jadi psikolog gadungan…:D. Apa yang aku tulis disini adalah kejadian sehari2, dari seorang yg perlu banyak belajar tentang suatu hubungan.

Anxiety (penjelasan lebih lanjut bisa dibaca disini) adalah kondisi mental yg selalu merasa kekurangan dan ketakutan terhadap sesuatu. Hal itu kemudian mendorong seseorang menjadi takut terhadap kemungkinan terburuk dari suatu hal dan menjadi tidak rasional lagi karena ketakutan2nya. Rasa yang pernah aku rasakan tentang anxiety ini adalah perasaan kosong – atau bahasa psikologisnya adalah problem of non being-. Perasaan ini muncul saat manusia dihadapkan kepada trauma di masa lalu yang berhubungan dengan penerimaan orang lain, atau trauma akan kejadian yang membahayakan jiwanya. Viktor Frankl menemukan bahwa saat manusia ditimpa oleh kejadian yang menekan dan membahayakan jiwanya, maka adanya suatu perasaan dirinya punya satu tujuan di bumi ini adalah penangkal dari kehilangan dirinya untuk memaknai arti dirinya

Aku menuliskan judul diatas karena ternyata perasaan anxiety itu juga bisa terjadi dalam suatu hubungan. Hal yang mendorong seseorang untuk tidak percaya terhadap pasangannya dan perasaan bahwa eksistensi dirinya berkurang karena merasa dia kurang dicintai. Perasaan itu akan menjadi racun yang merusak suatu hubungan atau membawa pola hubungan yg tidak sehat (ketergantungan, ga pede, dll). Cara mengatasi perasaan anxiety itu ternyata sangat sederhana, yaitu sayangi dirimu sendiri maka keberlimpahan akan dirasakan. The Secre, film yg begitu bombastis tahun ini pun mengajarkan dalam salah satu langkahnya untuk mewujudkan pemenuhan harapan adalah dengan merasakan bahwa diri sendiri merasa berlimpah dengan cara bersyukur dan mencari bukti bahwa hukum ketertarikan itu benar-benar terjadi. Jadi bersyukur adalah salah satu cara untuk merasakan keberlimpahan itu.

Zig Ziglar pernah berkata ‘jika Anda kecewa dan mengeluh terhadap dirimu sendiri dengan segala kekuranganmu, datanglah kepada arsitek yang merancang dan menciptakan dirimu itu’. Jadi jiwa yang sakit itu memang jiwa yang tidak bersyukur dan jauh dari-Nya. Jika Cinta adalah anugerah, maka cara mendekati Sang Maha Cinta adalah mensyukurinya dan menerimanya. Satu jalan termudah untuk mensyukuri dan menerima cinta itu adalah dengan mencintai dan menerima diri sendiri. Satu langkah mudah yang seringkali sulit untukdilaksanakan. Tetapi menurutku ini adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan cinta yang sejati. Yaitu cinta yang akan menjadi sarana Sang Maha CInta.

Advertisements