‘ Cari duit itu gampang kok, segampang kamu naik kelas atau masuk SMA atau SMP dulu’

Itu kata salah satu temanku sewaktu aku dalam masa bimbang selepas kuliah. Masa-masa yang nampaknya selalu dilalui oleh orang-orang yang tidak benar-benar memplotting hidupnya dalam blue print yang mapan.  Inti dari kata-kata temanku itu adalah tidak usahlah berpikir sejauh itu tentang bagaimana mencari uang itu, karena jika saatnya sudah tiba maka dengan sendirinya aku akan tahu bagaimana mencari uang. Perkataan sederhana dari seorang kawan ini kembali terngiang beberapa hari yang lalu.

Insight itu memang datangnya biasanya terlalui seperti kilatan pemahaman terhadap sesuatu yang sedang kita cari jawabannya. Dan keadaannya sama seperti itu juga saat aku mendapat insight ini. Semasa kuliah boleh dibilang aku hanya menjalani saja, aku benar-benar merasa kuliah saat aku tingkat empat. IPku saat itu melonjak hampir menyentuh cum laude saat itu. Itu efek nyata dari sehabis aku ikut siaware. TA hanya dikerjakan dalam waktu 4 bulan setelah tertunda selama 1 tahun dan akhirnya Desember 2005 aku lulus juga.

Perjalanan dilanjutkan dengan membantu trainerku dengan training-trainingnya di luar Siaware. Hampir 2 tahun aku berkutat dari satu training ke training yang lain. Perlahan aku menikmati zona nyamanku yang baru ini. Bekerja seperti ini sungguh melenakan, karena seolah aku selalu sibuk, bertemu orang baru, datang di kota baru, dan perasaan terpuaskan karena bisa membantu orang lain. Uang yang aku terima juga lebih dari cukup untuk membiayai kehidupan ala mahasiswaku.

Menjadi fasilitator profesional itu aku menyebut diriku sendiri, secara tidak sengaja aku masuk ke dunia yang dari kecil memang aku senangi, dunia pengembangan diri.  Namun kemudian dunia itu menjadi zona nyamanku karena aku kemudian lupa bahwa selain aku membantu orang lain terutama adalah aku juga perlu mengembangkan diriku sendiri.

Kemudian aku dan 5 temanku yang lain mendirikan Dream Of Indonesia dengan segudang impian dan idealisme. Disinilah awal mula aku masuk ke dunia baru yang namanya dunia Entrepreneur. Perjalanan di dunia entrepreneur itu akan aku tulis di lain waktu. So stay tune

Advertisements