‘ Pengusaha adalah orang yang menciptakan nilai tambah, pedagang adalah orang yang memanfaatkan faktor kali ‘

Hal itu yang beberapa kali aku dengar dari seorang teman yang penasaran berprofesi sebagai seorang entrepreneur. Kenapa aku bilang penasaran ? Karena menurut bang Kafi Kurnia profesi entrepreneur itu biasanya hanya didorong oleh dua sebab yaitu : penasaran dan kepepet. Hebatnya lagi, kepepet itu adanya cuma di Indonesia. Jika teman-teman cukup jeli mengamati keadaan sekitar, maka teman2 akan melihat pengusaha-pengusaha jalanan yang tangguh dan yang menopang bangsa ini untuk terus berputar. Mereka adalah contoh nyata dari pengusaha kelas kepepet.

Menurut bung Kafi, pengusaha yang bisa dibentuk itu adalah pengusaha penasaran, dan sebenarnya seminar-seminar wirausaha yang marak beberapa waktu lalu itu adalah tempat yang mudah untuk menemui pengusaha-pengusaha penasaran. Pengusaha kepepet biasanya tidak sempat ikut training-training lagi, sekolah kehidupanlah tempat mereka menimba ilmu sehari-hari.

Kembali ke pernyataan temanku diatas. Seringkali aku dan teman-temanku terjebak dalam operasional perusahaan. Sebagai perusahaan kecil yang tahapannya survival dan menyeimbangkan antara kebutuhan pribadi dan kebutuhan perusahaan untuk terus berkembang, satu hal yang paling sering dilupakan adalah menciptakan nilai tambah sebanyak-banyaknya untuk perusahaan. Seringkali akhirnya aku terjebak di operasional sehari-hari perusahaan.

Akhirnya memang dibutuhkan niat 100 % dan kerja sedikit lebih banyak untuk terus menapak dijalan ini. Menyeimbangkan antara delegasi, mengatur dan negosiasi adalah nafas dari bekerja sendiri. Setiap saat seorang pengusaha akan menghadapi momen untuk memutuskan, karena itu putuskan dengan cepat dan yang terbaik saat itu, kemudian jika keputusan itu salah, perbaiki secepatnya dan jangan pernah menyesali keputusan yang sudah dbuat, karena setidaknya kita akan belajar dari keputusan salah yang pernah kita perbuat. Itu pelajaran yang kusarikan dari obrolan bersama temanku itu.

Jalan entrepreneur adalah jalan gunung, jalannya terus mendaki, banyak puncak bayangan yang menggoda untuk membuat kita berhenti dan butuh kerjasama untuk meraih hasil yang tertinggi. Jadi keteguhan hati adalah suatu keharusan dan kemampuan untuk bersyukur akan membuat jalan itu menjadi indah saat telah terlalui dan menggenapkan nilai sebagai manusia.

Advertisements