Judul post ini adalah konsep yang diajarkan seorang “abang”ku beberapa tahun yg lalu. Bagiku dia dulu adalah seorang yg sangat aku hormati dan aku panuti, tapi mungkin karena ketidakbersyukuran dia terhadap yang Allah anugerahkan padanya dan kesombongannya membuat dia sekarang berada dititik terendah dalam hidupnya (semoga dia membaca post ini)

Anyway back to the topic, pagi ini ada satu artikel luar biasa di Jawa Pos yang membuatku merenung tentang konsep connecting the dots. Artikel yg ditulis Rhenald Kasali tentang negara ini menggugah kesadaranku betapa negara ini masih saja terbelenggu dalam ketidaksetaraan distribusi kesejahteraan bangsa. saat sebagian kecil bangsa ini menikmati manisnya kue kesejahteraan, sebagian yg lain masih saja terus bergumul dalam kemiskinan. Sebabnya beraneka ragam, terlalu panjang jika dibahas disini. Tetapi pesan pak Rhenald tentang “superior management” terlalu nyaring untuk diabaikan.

Inti dari artikel itu adalah salah satu penyebab ketidakmerataan kesejahteraan itu adalah tidak adanya superior management dari perusahaan-perusahaan di Indonesia yang mampu mentransformasi sumberdaya yg dimiliki perusahaan tersebut menjadi barang atau jasa yang bermutu tinggi sekaligus terjangkau untuk semua kalangan. Ketidakefisienan tersebut mengakibatkan kerusakan alam, terkurasnya kekayaan alam sekaligus ketimpangan kesejahteraan tersebut.

Hal ini menggugah kesadaranku tentang chapter-chapter yang sudah dan sedang aku lalui. Saat ini aku bergabung dengan temanku membangun apa yang kami sebut sebagai 1st indonesian integrated green business company sambil menyelesaikan S-2 ku di MSM SBM ITB. Aku menjabat sebagai Direktur Operasi dan HCM, jabatan yang sangat ditunjang dengan latar belakang pendidikanku di TL dan manajemen. Kami diasuh oleh salah satu coach bisnis terbaik di dunia. Tim kami muda, solid, memiliki value kuat dan visi yang jelas. Sepertinya saat ini tidak ada alasan lagi untuk kami mundur dan tidak mencapai apa yang kami canangkan. Yang perlu dijaga hanyalah fokus dan menjaga semangat tim untuk meraih tujuan yang sangat menantang.

Kembali tentang connecting the dots, apa yang aku jalani saat ini sungguh seperti sebuah grand design yang maha sempurna dan Dia sudah menganugerahiku dengan semua yang aku butuhkan untuk mampu menjalani tujuan keberadaanku di Bumi, dan aku bersyukur karena itu. Mengapa aku begitu yakin dengan hal itu? Karena aku percaya dengan blueprint hidup. Di tulisan selanjutnya akan aku jelaskan tentang blueprint hidup ternasuk didalamnya chapter hidup dan connecting the dots

Ada beberapa chapter yang perlu aku tuntaskan dulu, beberapa hak orang lain yang perlu aku lunaskan, dan beberapa janji yang perlu ditunaikan, terutama janji pada diri sendiri. Itu membuatku sangat bersemangat menyambut dan menjalani tahun 2012 ini, karena tahun ini adalah tahun pembuktian, to be or not to be for all what I believe. Rock on..!!

Advertisements