cover buku billionaire in training – thanks to blibli.com

Gambar diatas termasuk judul posting ini adalah judul buku Brad Sugars, pendiri franchise actioncoach – franchise coaching bisnis nomor satu di dunia. Pengalaman menarik tentang ini adalah jarang orang tahu coaching bisnis itu ngapain, kenapa perusahaan perlu itu? Dan perjalanan hidup menrmpatkanku sebagai asisten coach dan coachee, dua posisi yg sepertinya saling bertolak belakang, tetapi akhirnya membuat pemahamanku insyaallah utuh.

Di sekitar bulan Juli 2013  alhamdulillah aku diundang untuk preview seminar dia dgn inti dari bukunya yg Billionaire in Training, preview yg menarik dan ada beberapa catatan yg layak dibagi. Yang pertama adalah untuk menjadi kaya, saat ini rata-rata membutuhkan waktu sekitar 10 tahun. Untuk menjadi kaya bagi sebagian mungkin dianggap sebagai bagian dari konstelasi komplek yg bernama takdir, bagi dia kaya adalah tentang ide yang ditunjang dengan keyakinan yg benar dan seperangkat rencana menjadi kaya yg sudah teruji. Karena itu menjadi kaya itu bukan kebetulan, tetapi sudah direncanakan sadar ataupun tidak. Pak Jamil Azzaini dalam salah satu twitnya menyebutkan bahwa saat sesorang terlahir dari keluarga miskin, maka itu bukan salah dia, tapi jika ia meninggal dalam keadaan miskin maka kesalahan bisa dipastikan itu adalah kesalahan dia. Ternyata guru luar dan dalam negeri saat membicarakan menjadi kaya ilmunya sama. Kembali ke Brad, dia memilih untuk menjadi kaya dan mengatur rencana untuk mencapainya sejak usia 18 tahun, dan sekarang dia diusianya yang ke 43 pekerjaannya adalah jalan-jalan keliling dunia dan mengajarkan orang-orang strateginya menjadi orang kaya.

Semuanya diawali dengan impian, impian yang besar akan menghasilkan hasil yang fenomenal. Disini menariknya impian adalah awal mula adanya rencana, tanpa ada impian maka mustahil akan ada rencana. Jadi mustahil ada orang kaya dari usahanya sendiri yg tidak punya impian hebat. Yang kedua adalah memilih kendaraan apa yg tepat untuk menghasilkan kekayaan. Brad paling suka untuk menciptakan kekayaan adalah melalui bisnis, karena bisnis adalah satu-satunya asset yg akan menghasilkan pasif income yg bisa diset sendiri tingkat pertumbuhannya, mudah dijual dan tidak membutuhkan kehadiran aktif kita sebagai pemiliknya saat sistem sudah terbentuk. Mudah dikatakan karena dia adalah perumus konsep chasis bisnis yang diajarkan melalui jaringan waralaba ActionCoach Business Coaching-nya. Mungkin tulisan tentang chasis bisnis akan aku bahas di tulisan lain.

Satu fakta menarik dari pengamatan dia tentang Indonesia adalah negara ini sedang dalam masa booming ekonomi.. dengan pertumbuhan ekonomi yang terus stabil di angka 6-7 5 pertahun selama 9 tahun berturut-turut merupakan kondisi yang sangat ideal untuk memulai sebuah bisnis. Brad memprediksi siklus bisnis biasanya akan bertahan selama 7-10 tahun. Layaknya siklus 4 musim, Indonesia saat ini ada di musim semi ekonomi, sebentar lagi akan masuk musim panas, berlanjut musim gugur dan kemudian musim dingin. Nah pertanyaannya kapan kita akan mulai bisnis kita sendiri mumpung masih ada +/- 10 tahun untuk membangun bisnis yang dapat dijadikan andalan saat musim gugur dan musim dingin ekonomi menjelang. Jika tebakan Brad benar, maka orang-orang diusiaku akan mengalami musim dingin ekonomi saat memasuki masa pensiun.

Jadi ayo bangkitkan ekonomi bangsa dengan berwirausaha mandiri, dan membuat bangsa ini berdaya secara ekonomi.

Advertisements