image

Bulan Januari biasanya digunakan oleh banyak orang untuk membuat resolusi. Resolusi tahun baru yang biasa dilakukan di awal tahun dan sudah semacam ritual. Tetapi sayangnya seringkali resolusi yang merupakan salah satu bentuk deklarasi tidak memiliki kekuatan sampai akhir tahun dan mengarahkan hidup menuju hasil yang diinginkan Jadi kali ini aku tidak akan mengulas tentang bagaimana membuat deklarasi atau resolusi yang baik, karena itu sudah berserak di internet. Kali ini aku akan mengajak belajar tentang kekuatan deklarasi.
Deklarasi pada intinya adalah menyatakan sesuatu (baik itu prinsip, keyakinan, rahasia, perasaan, dll) secara terbuka kepada pihak lain. Salah satu teori dalam psikologi yang menjelaskan tentang kekuatan deklarasi adalah self prophecy theory. yaitu bagaimana apa yg dialami atau didapat oleh orang biasanya akan sesuai dengan apa yg diucapkan atau percakapan internalnya. Karena itu deklarasi itu harus diucapkan untuk mendapatkan kekuatannya. Sebagai makhluk sosial  kita biasanya terikat dengan perjanjian sosial yg terucap dan karena datangnya dari diri sendiri maka kekuatannya akan berlipat.
Berbeda dengan mindsetting, deklarasi itu harus terucap.

Deklarasi yg berkekuatan adalah yang berasal dari pemahaman saya adalah sumber segalanya, fokus ke hasil dan saat ini serta berupa goal yg bisa dimenangkan dan challenging. Nah jika setiap hari hal itu selalu dilakukan’ maka apakah suatu kebetulan jika kebiasaan itu akan mendekatkan kita ke impianmu dan menciptakan hidup yang layak dijalani. Dan saat hal itu sudah menjadi kebiasaan maka selamat Anda sudah ada di track yg benar

Advertisements